Sabtu, 14 November 2009

ketahanan pangan 2

Program Aksi/kegiatan bidang distribusi pangan Kal-Sel 2008


No.

Kegiatan
Ket.
1.



























2.





3.







4.

5.





6.



.



7





8 Segera ke lapangan, mencari informasi (langsung di lapangan dan data primer) skala prioritas tentang stabilitas harga (harga di produsen dan konsumen) dan proporsi kenaikannya, kelancaran distribusi, dan fasilitas pendukungnya menjelang bulan puasa, Idul Fithri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru dan besarnya kenaikan harga-harga akibat kenaikan BBM pada tahun 2008 di daerah Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Dan Hulu Sungai Selatan, Tengah, Utara. Komoditi yang di analisis adalah:
a. Beras
b. Sayuran
c. Ikan
d. Telur, daging Ayam
e. Daging sapi
f. Susu
g. Buah-buahan

Menganalisis pendapatan petani dan nelayan (apakah sudah layak/UMR), akibat kenaikan harga dan BBM

Melakukan pertemuan dan wawancara dengan instansi teknis terkait/BKPD di wilayah terpilih tentang kelembagaan, harga-harga dan distribusi menjelang bulan puasa, Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru.
Cek beras dari luar dan keluar Kal-Sel
Menganalisis data sekunder (data di Instansi terkait) dan membandingkannya dengan data primer (hasil tinjauan lapangan).

Cek DM-LUEP tahun 2007 (ketermanfaatan bagi petani, dan jika ternyata masih tidak mendatangkan manfaat bagi petani, maka dicari altenatif pemecahannya)

Untuk daerah terpencil perlu dicek tentang konsumsi masyarakat terhadap ikan yang indikasinya sangat rendah jauh dibandingkan dengan di perkotaan.
Cek juga tentang pisang (bermasalah); produksi,harga, distribusi dan penyakit pisang (apa yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan).
Lihat kantong pangan per kecamatan, RT, Indikasi kenaikan harga dapat terjadi pada harga ikan hasil tangkapan dilaut akibat sulitnya nelayan mendapatkan solar dan mahalnya harga solar di daerah nelayan maka perlu segera ditangani/tersedia solar yang lancar (Aluh-Aluh Besar, Pagatan, Tabanio)
Indikasi konsumsi ikan di daerah pedesaan jauh lebih rendah dibandingkan dengan di perkotaan
Akibat adanya virus pada pisang, .....maka perlu segera ditanggulangi.
Indikasi terjadinya kenaikan harga pangan lainnya akibat meningkatnya permintaan bahan pangan akibat hari-hari besar dan BBM
Indikasi terjadinya sedikit hambatan pada kelancaran distribusi pangan di Kal-Sel akibat kelangkaan BBM

2. Diskusi,rapat-rapat Tim Ahli
Membahas hasil analisis per bidang (Ketersediaan, Distribusi, dan Konsumsi)
3. Seminar
Menyampaikan hasil analisis secara keseluruhan
4. Laporan

5. Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar